Multi Channel Marketing adalah cara marketing yang berinteraksi dengan dan mempromosikan kepada prospek dan pelanggan melalui beberapa saluran online maupun offline. Interaksi pelanggan melibatkan saluran komunikasi tidak langsung dan langsung.

Multi Channel Marketing adalah proses pemasaran ke pelanggan melalui beberapa saluran. Tujuan Multi Channel Marketing adalah menjangkau pelanggan di tempat mereka paling aktif dan terlibat. Hal ini memungkinkan bisnis untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih holistik dan lengkap.

Multi Channel Marketing adalah kuncinya karena pelanggan Anda aktif di berbagai platform. Mereka tidak hanya terbatas pada satu situs, dan jika Anda perlu lebih meyakinkan, ingatlah bahwa pembeli multisaluran biasanya menghabiskan tiga hingga empat kali lebih banyak uang daripada mereka yang hanya berpegang pada satu saluran.

Multichannel marketing dapat dilakukan melalui berbagai channel termasuk namun tidak terbatas pada: media sosial, email, surat langsung, toko brick and mortar, dan online market. Masing-masing channel ini menawarkan cara unik untuk menjangkau dan melibatkan pelanggan.

Pentingnya Multi Channel Marketing

Beberapa alasan mengapa multi channel marketing penting:

  • Membantu bisnis menjangkau lebih banyak prospek: Pemasaran multisaluran membantu bisnis menjangkau lebih banyak prospek karena memungkinkan mereka hadir di banyak saluran.
  • Membantu bisnis membangun hubungan dengan prospek: Multi Channel Marketing membantu bisnis membangun hubungan dengan prospek dan pelanggan karena memungkinkan bisnis berinteraksi dengan mereka di berbagai saluran.
  • Memungkinkan bisnis menargetkan prospek dan pelanggan dengan pesan yang dipersonalisasi: Multi Channel Marketing memungkinkan bisnis menargetkan prospek dan pelanggan dengan pesan yang dipersonalisasi berdasarkan kebutuhan dan minat khusus mereka.
  • Memungkinkan bisnis melacak perilaku pelanggan: Multi Channel Marketing memungkinkan bisnis melacak perilaku pelanggan di semua saluran, yang dapat digunakan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan secara keseluruhan.

Langkah-Langkah Penting untuk Membuat Multi Channel Marketing Campaign yang Sukses

Langkah Kampanye Multi Channel Marketing yang Sukses

1. Identifikasi persona pembeli Anda

Langkah pertama untuk membuat kampanye Multi Channel Marketing yang sukses adalah memecah silos organisasi di dalam perusahaan Anda. Ini berarti Anda perlu mengidentifikasi persona pembeli untuk produk atau layanan Anda. Setelah Anda mengidentifikasi persona pembeli, Anda perlu membuat kampanye yang disesuaikan dengan kebutuhan dan minat khusus mereka.

2. Manfaatkan Platform Multi Channel Marketing

Langkah kedua untuk membuat kampanye Multi Channel Marketing yang sukses adalah dengan memanfaatkan Platform Multi Channel Marketing. PMulti Channel Marketing akan memungkinkan Anda untuk mengelola marketing campaign Anda di semua channel dari satu lokasi pusat. Ini akan menghemat waktu dan uang Anda dengan mengurangi duplikasi upaya di beberapa saluran.

3. Pahami Target Audiens Anda

Langkah ketiga untuk membuat kampanye Multi Channel Marketing yang sukses adalah memahami audiens target Anda. Ini berarti Anda perlu meneliti audiens target Anda dan memahami kebutuhan dan minat mereka. Setelah Anda memiliki pemahaman yang baik tentang audiens target Anda, Anda dapat membuat kampanye yang disesuaikan dengan kebutuhan spesifik mereka.

BACA JUGA : 5 Cara Memilih Market Segment dan Faktor Pasar

Jasa SEO Enterprise Chanelify

4. Pilih Channel yang ingin Anda targetkan

Langkah keempat untuk membuat Multi Channel Marketing Campaign yang sukses adalah memilih channel yang ingin Anda targetkan. Ada banyak marketing channel berbeda yang tersedia, jadi penting untuk memilih channel yang akan menjangkau audiens target Anda. Beberapa marketing channel yang paling populer termasuk media sosial, email, surat langsung, dan pasar online.

5. Buat Pesan yang Konsisten

Langkah kelima untuk membuat kampanye Multi Channel Marketing yang sukses adalah membuat pesan yang konsisten di semua channel Anda. Ini berarti Anda harus memiliki pesan yang jelas dan ringkas yang disesuaikan dengan audiens target Anda. Pesan Anda harus sama di semua saluran Anda sehingga prospek dan pelanggan Anda dapat dengan mudah memahaminya.

6. Mainkan sesuai aturan masing-masing channel

Langkah keenam untuk membuat kampanye Multi-Channel Marketing yang sukses adalah bermain sesuai aturan masing-masing saluran. Setiap marketing channel memiliki seperangkat aturan dan pedomannya sendiri, jadi penting untuk mengikutinya agar berhasil. Kegagalan untuk melakukannya dapat mengakibatkan kampanye Anda dilarang atau dihapus dari platform.

7. Cari tahu bagaimana Anda akan mengintegrasikan pengalaman di seluruh channel

Langkah ketujuh untuk membuat kampanye Multi Channel Marketing yang sukses adalah mencari tahu bagaimana Anda akan mengintegrasikan pengalaman di seluruh saluran. Ini berarti Anda perlu memikirkan bagaimana prospek dan pelanggan Anda akan berinteraksi dengan kampanye Anda di semua channel Anda. Anda perlu memastikan bahwa pengalaman itu mulus dan konsisten di semua channel.

8. Menerapkan otomatisasi marketing

Langkah kedelapan untuk membuat Multi Channel Marketing yang sukses adalah menerapkan otomatisasi pemasaran. Otomatisasi marketingn akan memungkinkan Anda untuk mengotomatiskan tugas pemasaran Anda sehingga Anda dapat fokus pada aspek lain dari bisnis Anda. Penting untuk dicatat bahwa otomatisasi pemasaran tidak menggantikan kebutuhan akan interaksi manusia, tetapi dapat membantu menghemat waktu dan uang.

9. Perlu diingat bahwa website adalah channel

Langkah kesembilan untuk membuat kampanye Multi Channel Marketing yang sukses adalah mengingat bahwa website Anda adalah saluran. Ini berarti Anda harus memperlakukan websiteAnda sebagai entitas yang terpisah dari channel Anda yang lain. Website Anda harus dioptimalkan untuk optimasi mesin pencari (SEO) sehingga dapat dengan mudah ditemukan oleh audiens target Anda.

10. Rencanakan bagaimana Anda akan mengukur atribusi

Langkah kesepuluh untuk membuat kampanye Multi Channel Marketing yang sukses adalah merencanakan bagaimana Anda akan mengukur atribusi. Atribusi adalah proses menetapkan nilai ke setiap marketing channel sehingga Anda dapat menentukan mana yang berkinerja terbaik. Ada banyak model atribusi yang berbeda, jadi penting untuk memilih salah satu yang paling sesuai dengan bisnis Anda.

11. Berinvestasi dalam retargeting

Langkah kesebelas untuk membuat Multi Channel Marketing Campaign yang sukses adalah berinvestasi dalam retargeting. Retargeting adalah alat pemasaran online yang memungkinkan Anda beriklan kepada individu yang telah menunjukkan minat pada apa yang Anda jual. Ini adalah cara yang efektif untuk meningkatkan kesadaran merek dan tingkat konversi.

Multi Channel Marketing bisa menjadi cara yang sangat efektif untuk menjangkau audiens target Anda. Dengan mengikuti sebelas langkah ini, Anda dapat membuat kampanye Multi Channel Marketing yang akan membantu Anda mencapai tujuan bisnis Anda.

Marketing Channel yang digunakan dalam Multi Channel Campaign

  • Email: Anda dapat menggunakan email untuk menjangkau audiens target Anda melalui berbagai saluran seperti buletin, pengumuman produk, dan penawaran khusus.
  • SMS: Anda dapat menggunakan SMS untuk menjangkau audiens target Anda dengan pesan teks.
  • Push Notification: Anda dapat menggunakan pemberitahuan push untuk menjangkau audiens target Anda dengan pesan yang tepat waktu.
  • Direct Mail: Anda dapat menggunakan direct mail untuk menjangkau audiens target Anda dengan surat fisik.
  • Media Sosial: Anda dapat menggunakan media sosial untuk menjangkau audiens target Anda melalui platform seperti Facebook, Twitter, dan Instagram.
  • Blogging: Anda dapat menggunakan blogging untuk menjangkau audiens target Anda melalui menulis artikel informatif.
  • TV: Anda dapat menggunakan TV untuk menjangkau audiens target Anda melalui iklan dan infomersial.
  • Website: Anda dapat menggunakan website untuk menjangkau audiens target Anda melalui digital marketing, banner ads, dan pop-up.
  • Toko Fisik: Anda dapat menggunakan toko fisik untuk menjangkau audiens target Anda melalui promosi di dalam toko.
  • Katalog: Anda dapat menggunakan katalog untuk menjangkau audiens target Anda melalui brosur yang dikirimkan.

Manfaat Multi Channel Marketing

  1. Jangkauan yang Diperluas: Multi Channel Marketing memungkinkan Anda menjangkau audiens yang lebih besar daripada yang Anda lakukan dengan satu saluran. Ini karena Anda dapat menargetkan beberapa saluran secara bersamaan.
  2. Peningkatan Keterlibatan: Multi Channel Marketing memungkinkan Anda meningkatkan keterlibatan dengan audiens target Anda. Ini karena Anda dapat memberikan pengalaman yang lebih menarik dengan menggunakan banyak saluran.
  3. Jangkau Konsumen di Channel Pilihan Mereka: Multi Channel Marketing memungkinkan Anda menjangkau konsumen di saluran pilihan mereka. Hal ini penting karena memungkinkan Anda untuk bertemu mereka di mana mereka sudah menghabiskan waktu mereka.
  4. Channel Gabungan Lebih Efektif: Multi Channel Marketing memungkinkan Anda menggabungkan beberapa saluran menjadi satu kampanye. Ini penting karena memungkinkan Anda membuat kampanye yang lebih efektif. Multi Channel Marketing bisa menjadi cara yang sangat efektif untuk menjangkau audiens target Anda.

BACA JUGA : 6 Jenis Customer Segment untuk di Targetkan

Apa saja kesalahan umum yang dilakukan dengan Multi Channel Marketing?

Kesalahan yang dibuat dengan Multi Channel Marketing

  1. Tidak Menentukan Target Audiens Anda: Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan dengan Multi Channel Marketing adalah tidak mendefinisikan audiens target Anda. Ini adalah kesalahan karena akan menyebabkan Anda membuang waktu dan uang untuk saluran pemasaran yang tidak akan menjangkau konsumen yang Anda inginkan.
  2. Tidak Menentukan Tujuan Anda: Kesalahan umum lainnya yang dilakukan dengan Multi Channel Marketing adalah tidak menentukan tujuan Anda. Ini adalah kesalahan karena Anda tidak akan dapat mengukur keberhasilan kampanye Anda jika Anda tidak memiliki tujuan tertentu dalam pikiran.
  3. Tidak Menguji Kampanye Anda: Kesalahan umum lainnya yang dilakukan dengan Multi Channel Marketing adalah tidak menguji kampanye Anda. Ini adalah kesalahan karena Anda tidak akan dapat menentukan apa yang berhasil dan apa yang tidak berfungsi jika Anda tidak menguji kampanye Anda.
  4. Tidak Mengukur Hasil Anda: Kesalahan umum terakhir yang dibuat dengan Multi Channel Marketing adalah tidak mengukur hasil Anda. Ini adalah kesalahan karena Anda tidak akan dapat menentukan keberhasilan kampanye Anda jika Anda tidak mengukur hasil Anda.

Tantangan dalam Multi Channel Marketing

  1. Pesan yang ditargetkan: Salah satu tantangan dengan Multi Channel Marketing adalah pengiriman pesan yang ditargetkan. Ini karena Anda perlu memastikan bahwa pesan Anda relevan dengan setiap saluran.
  2. Kampanye yang sangat koreografi: Tantangan lain dengan Multi Channel Marketing adalah kampanye yang sangat koreografi. Ini karena Anda perlu memastikan bahwa setiap saluran bekerja sama secara harmonis.
  3. Atribusi respons pemasaran: Tantangan lain dengan Multi Channel Marketing adalah atribusi respons pemasaran. Ini karena Anda harus dapat mengaitkan keberhasilan kampanye Anda dengan setiap saluran.
  4. Manajemen yang Efisien: Tantangan terakhir dengan Multi Channel Marketing adalah manajemen yang efisien. Ini karena Anda harus dapat mengelola semua saluran secara efisien agar berhasil.
  5. Memanfaatkan Analisis Pemasaran: Multi Channel Marketing bisa sangat efektif, tetapi penting untuk memanfaatkan analisis pemasaran agar berhasil. Ini karena Anda harus dapat melacak keberhasilan kampanye Anda dan membuat perubahan yang diperlukan.
  6. Mengikuti Inovasi: Multi Channel Marketing bisa sangat efektif, tetapi penting untuk mengikuti inovasi. Ini karena saluran baru terus dibuat dan Anda harus dapat menyesuaikan kampanye Anda dengan tepat.

Author

Digital Marketer: Facebook, Google Ads, Intagram Ads, SEO Specialist, SEO Content Writer, SEO Copywriter, Blogger

Write A Comment

Tanya Apa Saja Disini!

Hi Selamat Datang di Konverzi! Ada yang bisa saya bantu?
WeCreativez WhatsApp Support
Sales support kami disini siap membantu Anda!
Hi, Ada yang bisa di bantu?