Untuk memulai dengan yang sudah jelas, SEO sangat bergantung pada kata kunci. Apa yang dicari orang, seberapa sering mereka mencari, dan betapa sulitnya menentukan peringkat untuk istilah target adalah semua konsep yang kami pertimbangkan saat menyelesaikan penelitian kata kunci. Sebagai SEO, Chanelify menyisir data, melihat tren, dan akhirnya memangkas daftar kata kunci yang sulit menjadi target yang dapat ditindaklanjuti. Mengidentifikasi istilah apa yang harus diberi peringkat, bagaimana peringkatnya saat ini, dan jika/bagaimana/mengapa/kapan itu berubah adalah bagian dari permainan.

Salah satu aspek penting dari penelitian kata kunci yang sering diabaikan atau hanya disalahpahami adalah pemetaan kata kunci atau keyword mapping. Baik Anda baru mengenal SEO atau sudah berpengalaman, konsep keyword mapping sama berharganya untuk mempertahankan dan menyampaikan pemahaman yang akurat tentang keadaan website dalam pencarian organik dan bagaimana hal itu dapat ditingkatkan.

Apa itu Keyword Mapping?

Pada bentuknya yang paling dasar, hasil keyword mapping yang lengkap adalah spreadsheet yang menghubungkan URL di website dengan kata kunci target yang terkait dengannya baik yang masih ada maupun yang akan datang. Ini adalah representasi visual dari kata kunci ini dan menggambarkan di mana mereka berada dalam halaman website. Keyword mapping akan memungkinkan Anda membuat konten yang lebih baik, mengoptimalkan landing pages yang ada, dan lebih memahami strategi organik website secara keseluruhan.

Dokumen keyword mapping dapat mengungkapkan aspek penting dari website. Kita akan diberikan pemahaman yang lebih baik tentang strukturnya dan dapat membedakan prioritas pengoptimalan dengan lebih baik.

Kapan Melakukan Keyword Mapping

Ada banyak situasi di mana membuat keyword mapping yang akurat akan sangat memperkuat strategi organik Anda dan menginformasikan roadmap ke depan. Mari kita periksa beberapa situasi yang lebih konkret:

BACA JUGA : Jasa SEO Semarang | SEO Agency Semarang dengan Goal Traffic Hingga 70.000 Klik per Bulan

Keyword mapping untuk mengidentifikasi peluang konten baru:

Jika Anda memikirkan konten baru untuk website Anda, Anda dapat menetapkan sebelumnya tujuan pasti dari setiap halaman baru yang berkaitan dengan kata kunci dan peringkat target. Keyword mapping sebelum pembuatan konten juga sangat bermanfaat dalam mengidentifikasi konten yang tumpang tindih. Jika halaman yang diusulkan memiliki tema sentral yang sudah ditargetkan oleh kata kunci di halaman lain, Anda dapat menghindari topik sama sekali atau menambah halaman yang ada dengan konten baru. Ada cukup banyak kompetitor Anda dalam pencarian organik segubgga tidak perlu bermain melawan diri sendiri.

Keyword mapping sebelum desain ulang/migrasi website:

Pendesainan ulang dan migrasi situs sering kali menjadi titik sakit bagi SEO. Selain penurunan lalu lintas sementara yang dijamin, banyak hal yang dapat terguncang ketika mesin pencari merayapi ulang versi baru situs Anda. Umumnya, akan ada beberapa kebingungan di antara bot. Memiliki peta kata kunci yang akurat yang telah dibuat akan memungkinkan Anda untuk melacak konten/kata kunci apa yang sesuai dengan URL mana di situs dan memungkinkan dasar yang lebih akurat untuk pelacakan kata kunci melalui migrasi. Ini juga akan memungkinkan Anda untuk tetap memperhatikan kata kunci baru dan mengembangkan peta jalan jangka panjang untuk pembuatan konten.

Membuat keyword mapping untuk website client baru/belum pernah dilakukan:

Jika Anda mulai mengoptimasi website client atau sedang mengerjakan SEO website Anda sendiri untuk pertama kalinya, kemungkinan besar proses ini tidak pernah dilakukan. Selain itu, bahkan jika sudah, kemungkinan besar akan ketinggalan zaman. Dalam kedua skenario, sekarang adalah waktu yang tepat untuk membuat map kata kunci yang akurat untuk halaman yang ada dan lebih memahami tujuan setiap halaman.

Manfaat Keyword Mapping

1. Dapatkan pemahaman visual tentang arsitektur website, dan pahami tujuan pasti dari setiap halaman

Setiap halaman di website harus memiliki tujuan, atau seharusnya tidak ada. Jelas, tentu saja, tetapi tidak perlu banyak penggalian untuk menemukan contoh tandingan dari prinsip ini.

Jasa SEO Enterprise Chanelify

2: Berkomunikasi lebih baik dengan tim pengembangan konten

Memiliki basis data berorientasi kata kunci tingkat tinggi untuk halaman website membuat segalanya lebih lancar saat berpindah tangan. Map keyword yang rapi dapat mengomunikasikan tujuan dan harapan konten yang akan datang. Ini sangat berguna saat bekerja dengan pekerja lepas, karena peta berfungsi sebagai template dasar untuk setiap halaman dan berisi kata kunci paling penting yang perlu ditampilkan.

BACA JUGA : Jenis URL Redirect untuk Optimasi SEO dan Cara Pengalihan URL

3. Memungkinkan reporting yang lebih baik dan lebih akurat

Dengan membuat representasi yang lebih terperinci dari halaman website dan istilah targetnya melalui keyword mapping, Anda dapat langsung melakukan pengejaran dalam reporting. Anda diberdayakan untuk menunjukkan pemahaman konkret tentang kata kunci yang paling sesuai untuk website dan mengomunikasikan kemanjuran upaya Anda.

4. Evaluasi maksud pencarian

Untuk konten yang ada, melihat kueri apa yang mengarah ke halaman apa di website memungkinkan Anda untuk lebih memahami bagaimana pencari organik berinteraksi dengan website Anda. Apakah pencari diarahkan ke landing pages terbaik untuk kueri volume tinggi? Apakah kata kunci target saat ini untuk halaman lebih cocok untuk ditempatkan di tempat lain di domain Anda? Apakah pengguna diberi jalur yang memadai di saluran konversi dari halaman yang mereka tuju saat ini? Pertanyaan -pertanyaan ini dapat lebih dipahami dengan menerapkan strategi keyword mapping yang tepat.

Untuk istilah target, mengetahui volume pencarian, kesulitan, dan biaya CPC sangat berharga saat mengembangkan strategi konten. Metrik ini dapat dan harus digunakan untuk menentukan URL mana yang akan ditargetkan terlebih dahulu, dilihat dari potensi pengembalian. Keyword mapping yang tepat dapat berfungsi sebagai peta harta karun untuk konten baru, dan memahami lanskap persaingan di sekitar kata kunci target Anda hanya akan meningkatkan kemanjuran kampanye Anda.

5. Identifikasi peluang internal link

Saat kami memahami tujuan eksplisit setiap halaman, kami juga dapat mengidentifikasi hubungannya dengan halaman lain di dalam situs dan menautkannya secara internal. Struktur interlinking yang sehat terlalu sering diabaikan meskipun itu menguntungkan pengalaman pengguna (dapat dengan mudah maju melalui informasi situs dalam aliran alami) dan menyalurkan otoritas di seluruh website.

Identifikasi Kesenjangan Kata Kunci melalui Pemetaan Kata Kunci

Selain menetapkan istilah utama saat ini dan di mana Anda saat ini memberi peringkat untuk mereka, melalui keyword mapping, Anda juga akan dapat mengidentifikasi apa yang tidak Anda peringkatkan atau bahkan peringkatnya buruk. Mengidentifikasi kesenjangan ini sangat penting dalam menginformasikan strategi konten Anda untuk bergerak maju dan memungkinkan pembuatan dan/atau pengoptimalan konten yang ada yang disesuaikan dengan kata kunci berperforma buruk tersebut.

Untuk pemikir yang berorientasi visual, melihat status peringkat kata kunci utama Anda (jangan takut untuk memberi kode warna atau mengatur gaya data dengan cara yang sesuai untuk Anda) dapat membuka mata. Chanelify sering menemukan bahwa klien tahu apa yang ingin mereka rangking dalam arti periferal, tetapi mampu mengomunikasikan rencana tindakan yang jelas untuk mengatasi kesenjangan kata kunci terutama karena berkaitan dengan kompetitor yang mungkin tidak mereka pertimbangkan dapat menyebabkan telinga untuk mendengar. semangat.

Temukan Kata Kunci Tumpang Tindih & Duplikat

Seperti yang pasti Anda ketahui, tumpang tindih kata kunci bisa sangat bermasalah. Jika beberapa URL di website diberi peringkat untuk kata kunci yang sama (baik sengaja atau tidak), Anda membuat masalah sendiri. Google, khususnya, pilih-pilih untuk memasukkan beberapa hasil halaman pertama dari domain yang sama di SERP; bagaimana Anda memastikan pengunjung dibawa ke landing pages dengan potensi konversi tertinggi? Meskipun kanibalisasi kata kunci bukanlah masalah yang menakutkan seperti dulu, hal itu masih dapat berdampak negatif pada lalu lintas organik Anda.

Mengidentifikasi kata kunci yang tumpang tindih di antara URL adalah salah satu hasil yang paling menguntungkan dari pemetaan kata kunci konten yang ada. Menyesuaikannya sesuai (IE mengkonsolidasikan dua halaman yang diberi peringkat untuk istilah utama yang identik menjadi satu) dapat secara dramatis meningkatkan perolehan organik. Dengan cara yang sama, Anda akan dapat melihat sebelumnya jika ada tumpang tindih dalam konten yang diusulkan atau yang akan datang dan mengambil tindakan untuk menghindarinya.

Merampingkan Internal Link

Seperti yang disinggung sebelumnya, struktur internal link yang kuat adalah bagian penting dari setiap properti web yang sehat. Tautan internal yang tepat membantu pengguna menavigasi lebih dalam di dalam web, menyalurkan otoritas ke halaman yang diabaikan, dan memungkinkan perayap mesin pencari untuk lebih memahami keseluruhan struktur web. Dengan memperoleh tampilan tingkat tinggi dari peringkat kata kunci web dan URL yang sesuai, Anda secara alami akan melihat peluang untuk menautkan antara konsep terkait. Demikian juga, Anda akan memiliki bantuan visual untuk menghubungkan konten baru ke konten lama jika perlu.

Menyelaraskan Strategi & Arah

Sangat membantu saat bekerja di antara banyak atau tim yang berbeda, keyword mapping secara definitif menyelaraskan strategi dan arah untuk pembuatan konten. Peta kata kunci secara efektif berfungsi sebagai kompas dan menjaga semua orang di halaman yang sama (baik secara metaforis maupun harfiah dalam hal ini). Meskipun opini strategis mungkin dan terkadang idealnya berbeda, tidak banyak yang perlu diperdebatkan tentang kata kunci target yang dipilih dan halaman di website yang sesuai dengannya.

Bagaimana Cara Melakukan Keyword Mapping

Sekarang kita telah menjelajahi banyak sekali manfaat dan keuntungan dari pemetaan kata kunci, mari kita jelajahi contoh dunia nyata. Bersama-sama kita akan melalui proses langkah demi langkah dan membuat Anda siap untuk melakukannya sendiri.

1. Riset Kata Kunci

Bergantung pada situasi Anda, Anda mungkin bergantung pada alat apa pun yang Anda inginkan. Anda bisa menggunakan tools seperti (Semrush, Ahrefs, Moz, dll.) akan memungkinkan Anda menyelesaikan pekerjaan di sini.

Setelah beberapa pemfilteran ringan (dapatkan pencarian branded dan tidak dapat diterapkan dari sana untuk membuka lanskap), hal-hal sudah terlihat menjanjikan bagi. Kami melihat kata kunci bervolume tinggi dipasangkan dengan kesulitan kompetitif yang relatif rendah, yang umumnya setara dengan target kata kunci yang sangat layak.

Jelajahi melalui kata kunci yang relevan, dan tambahkan ke daftar untuk diekspor (atau salin dan tempel jika perlu).

2. Kelompokkan Kata Kunci berdasarkan Maksud Pencarian

Setelah kata kunci target baru Anda semuanya diselesaikan di lembar baru, saatnya untuk memastikan semuanya seperti yang terlihat. Lakukan pencarian manual dan analisis maksud pencarian. Anda bisa mencari jenis kata kunci informasi, branded, navigational, commercial atau transactional dan memetakan jenis – jenis kata kunci yang relevan bagi bisnis Anda.

3. Urutkan Kata Kunci berdasarkan Kategori

Setelah semuanya dikupas menjadi daftar target kata kunci yang layak, saatnya mengurutkannya ke dalam kategori dan mengaitkannya dengan URL yang sesuai. Jika Anda berfokus untuk menambah halaman yang sudah ada, gunakan slug. Untuk konten baru, gunakan URL yang diusulkan sebagai placeholder itu selalu dapat diubah nanti sebelum produksi.

BACA JUGA : Domain Authority: Bagaimana DA dihitung dan Cara Meningkatkan DA

4. Gunakan Spreadsheet untuk Merencanakan Strategi SEO untuk Halaman

Setelah semuanya ditetapkan sebagai URL (baik yang baru atau yang sudah ada), kita perlu menyempurnakan dasar-dasar SEO untuk semua halaman. Sekali lagi, ini akan menjaga harapan tetap selaras dan meminimalkan kemungkinan salah tafsir atau lisensi puitis ketika konten benar-benar dibuat. Seperti contoh di atas, lembar ini umumnya harus mencakup:

1. URL halaman dan kata kunci target (peringkat = saat ini, dipetakan = konten baru yang akan datang)
2. Judul halaman yang ada (jika ada) dan/atau judul halaman yang diusulkan
3. Tag H1 yang ada dan/atau yang diusulkan
4. Deskripsi meta yang ada dan/atau yang diusulkan

Memiliki semua informasi ini dengan mudah diakses adalah sumber daya yang benar -benar jelas. Ini akan sangat membantu dalam memastikan konten yang dibuat akan benar-benar mencerminkan apa yang telah dipikirkan. Dokumen yang Anda buat adalah roadmap untuk strategi konten dan SEO, semua di lokasi yang tepat dan rapi.

5. Analisis Untuk Peluang

Sekarang semuanya sudah diatur dengan jelas, saatnya untuk menganalisis peluang yang telah terungkap melalui proses tersebut. Dalam contoh ini, kami menemukan lima peluang konten/halaman unik, tetapi itu tidak akan selalu menjadi jumlah yang layak tergantung pada sumber daya yang Anda inginkan. Sangat penting untuk menetapkan peluang ROI tertinggi karena itulah yang umumnya akan diterima oleh pemangku kepentingan dalam hal ini, penjualan dalam jumlah besar memiliki total volume pencarian tertinggi dan juga merupakan prospek yang menarik untuk memindahkan produk.

Dalam situasi yang berbeda, mungkin merek kami tidak ingin terlihat sebagai dealer massal dan lebih fokus pada pembuatan bebek kustom karena lebih dekat dengan identitas merek yang ingin kami sampaikan kepada pelanggan. Penting untuk diselaraskan dengan tim Anda untuk menetapkan prioritas dan peluang, tetapi peta kata kunci yang Anda buat dapat melakukan banyak pemikiran itu sendiri. Peluang ada di sana, dan terserah Anda untuk menentukan bagaimana melanjutkannya.

Author

Digital Marketer: Facebook, Google Ads, Intagram Ads, SEO Specialist, SEO Content Writer, SEO Copywriter, Blogger

Write A Comment

Tanya Apa Saja Disini!

Hi Selamat Datang di Konverzi! Ada yang bisa saya bantu?
WeCreativez WhatsApp Support
Sales support kami disini siap membantu Anda!
Hi, Ada yang bisa di bantu?